Sep
10

Manfaat Bawang Merah

Bawang Merah Sangat Bermanfaat

Bawang merah nama lainnya : Allium cepa L. Amarylidaceae
Bawang merah sering digunakan untuk memasak, masakan tanpa bawang merah sepertinya ada yang kurang, bawang merah membuat masakan lebih Bawang merah kadang sering membuat orang menangis pada saat memasak, karena aroma dari bawang putih yang menguap mengenai selaput mata kita.


Nah apa yang membuat mata kita terasa perih? Ternyata bawang merah Mengandung 89% air, 1,5% protein, dan vitamin termasuk vitamin B1, B2, dan C serta kalium. Senyawa kimia bawang merah yaitu: aliin dan komponen sulfur termasuk allilaliin serta komponen metal dan propel dari sistein sulfoksida, fruktosa (polisakarida, 10-40%), sakarosa dan gula lain, flavonoid (termasuk kuersetin-4′ –O-β-d-glukosida) dan steroid saponin.³ ⁴ ⁵⁾
Semua orang tahu bahwa bawang merah (Allium cepa L). tumbuh berumpun, berumbi lapis, berakar serabut dengan daun berwarna hijau panjang berbentuk silinder yang ujungnya lancip dan berongga. Bunga berwarna putih kemerah-merahan. Umbi bawang merah terbentuk dari pangkal daun yang bersatu dan membentuk batang yang berubah bentuk dan fungsinya, membesar, dan akhirnya membentuk umbi berlapis. Umbi berwarna merah keunguan, berbau tajam.
Bawang merah (Allii Cepae Bulbus )adalah umbi lapis dari tanaman Allium cepa L. Warna ungu kemerahan, bau khas aromatik tajam, rasa agak pedas. Umbi lapis umumnya berbentuk bundar telur 2-5 siung menyatu di bagian pangkal, kadang-kadang seluruhnya masih diliputi beberapa selaput tipis, tiap suing berbentuk bundar telur dengan satu bidang tegak agak cekung, rata atau agak cembung, lebar 1,5 – 2,5 cm, permukaan luar umbi warna ungu. Di bagian pangkal kadang-kadang terdapat sisa akar tersebut

Bawang merah banyak dibudidayakan di Jawa dan Kalimantan.
Bawang merah mempunyai nama yang berbeda sesuai dengan daerah :
Sumatera: Bawang abang mirah (Aceh); baramabang sirah, bawang suluh, bawang abang, dasun merah (Minangkabau); Jawa: Bawang beureum (Sunda); brambang, brambang abang, bawang timur (Jawa); bhabang mera (Madura); jasun bang, jasun mirah (Bali); Sulawesi: Bawangi; Maluku: Bawa roriha.
Sibuyas tagalong (Filipina), hom (Thailand), onion, shallot, potato onion (Inggris)

Nah kita sering mendengar biasanya bawang merah di campur dengan minyak kayu putih dapat digunakan untuk mengobati anak kecil yang sedang kembung, bawang merah memberikan efek hangat sehingga menimbulkan gampang buang angin (flatus) ternyata ada beberapa penelitian yang sudah di lakukan bahwa bawang merah pada studi dari tahun 1965-1975 melaporkan efek antidiabetes pada kelinci. Banyak penelitian terkini yang melaporkan efek antidiabetes dari bawang merah. Senyawa kimia yang diperkirakan memiliki kontribusi pada aktivitas antidiabetes adalah kandungan asam amino metil sistein sulfoksida pada bawang putih. Senyawa ini dapat mengontrol glukosa darah pada kelinci dan efeknya sebanding dengan insulin. Sari dari umbi segar, diberikan pada pencernaan tikus dengan dosis 0,5 mL/tikus, memiliki aktivitas menurunkan gula darah. dan sari umbi segar, pada dosis 250 mg/kg BB, memiliki aktivitas menurunkan gula darah darah sebesar 18,57% setelah 2 jam perlakuan .
Uji Klinis juga pernah di lakukan yaitu umbi segar dosis 50 gram/orang yang diberikan secara oral pada pasien diabetes menunjukkan aktivitas antidiabetes dengan penurunan gula darah sebesar 30-50%.⁶⁾dari penelitian tersebut dapat di simpulkan bahan alam yang biasa di gunakan untuk bumbu dalam masakan mempunyai potensi yang sangat baik untuk pengobatan .

Cara pembuatan dan dosis
Dosis harian: 60 g umbi segar atau 25 g ekstrak kering.³ ⁴ ⁵⁾
Ramuan untuk diabetes: Umbi bawang merah (dirajang) sebanyak 5 g, buah buncis (dirajang) sebanyak 20 g dan daun salam (dirajang) sebanyak 12 helai. Kemudian rebus dengan 150 mL air sampai air tersisa 100 mL. Saring dan dinginkan. cloud server Minum 1 kali sehari. Diulang selama 15 hari.⁷⁾

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.