Sep
10

Manfaat Kayu Manis

Manfaat Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang paling populer digunakan di seluruh dunia, dikenal dengan aroma aromatik dan manis serta memberikan rasa hangat. Kayu manis biasanya di gunakan sebagai campuran makanan , pembuatan kue karena aromanya yang khas.

Namun ternyata bahwa kayu manis mempunyai khasiat untuk kesehatan yaitu baik untuk mengatasi gangguan degerative seperti diabetes ( kencing manis ) . Sekarang ini trend penyakit diabetes semakin banyak,hal ini merupakan parameter dari pola hidup yang kurang tepat, banyak mengkonsumsi gula (manis) dan kurangnya olah raga,stres , selain factor keturunan dapat menimbulkan gangguan degenerative seperti kencing manis. Kencing manis sendiri mempunyai 2 type yaitu DM type 1 dimana insulin sudah tidak dapat diproduksi oleh organ pancreas untuk itu perlu di suply dengan insulin dan type 2 dimana pancreas masih dapat membentuk insulin namun terjadi resistensi (kwalitas) dari insulin yang kurang baik, atau pancreas untuk menghasilkan insulin diperlukan obat untuk merangsang pengeluaran insulin itu sendiri.

Insulin merupakan hormone yang diproduksi oleh pancreas untuk mengantarkan gula masuk dalam sel tubuh, bila insulin tidak ada gula hanya akan beredar di darah, sedangkan sel yang membutuhkan gula untuk kekurangan gula sebagai sumber energy, sehingga orang diabetes yang tidak di obati akan lemas.

Kayu manis merupakan bahan alam yang dapat membantu mengatasi diabetes, karena komponen yang ada pada kayu manis seperti Cinnamaldehyde

Eugenol , Cinnamaldehyde dapat meningkatkan kwalitas dari insulin sehingga insulin dapat bekerja mengantarkan gula ke dalam sel. Sudah banyak penelitian yang di tulis dalam jurnal mengenai khasiat dari kayu manis atau yang sering disebut dengan cinnamon.

Kandungan Kayu manis dari daun sampai akar mempunyai khasiat :

Kulit Cinnamldehyde – 65 to 80%Eugenol – 5 to 10%
Daun Cinnamldehyde –1 to 5%Eugenol –70 to 95%
Kulit akar Camphor – 60%
Buah Trans – cinnamyl acetate and β – caryophyllene
Tunas Cinnamomum zeylanicum Terpene hydrocarbons – 78%Alpha Bergamotene – 27.38%

Alpha – Copaene – 23.05%

Oxygenated terpenoids – 9%

Bunga Cinnamomum zeylanicum (E)-Cinnamyl acetate – 41.98%Trans-alphabergamotene – 7.97%

Caryophyllene oxide – 7.2%

 

Senyawa lain yang hadir dalam persentase yang lebih rendah yaitu asam sinamat, Hidroksil Cinnamaldehyde, Cinnamyl alkohol, kumarin, Cinnamyl asetat, Borneol dll.

 

Kayu manis mempunyai beberapa jenis

  • Cinnamomum verum’(True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
  • C. burmannii (korintje, kasiavera, atau Indonesian cinnamon).
  • C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
  • C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon)

Kayu manis yang digunakan adalah kulit batangnya dikeringkan nanti tampilan kulit seperti melingkar /menggulung. Banyak cara memanfaatkannya yaitu dengan dipotong kecil kemudian di Rajang atau dengan blender kemudian di rebus airnya di minum, atau bila dalam keadaan bubuk di seduh dengn air panas 2 sendok the di campur dengan air hangat 1 gelas belimbing 200cc.

 

 

Manfaat Kayu manis :

  1. Anti-microbial (anti bakteri )

Pada penelitian terbukti memiliki efek anti-microbial terhadap beberapa macam jenis bakteri antara lain : E. Coli (infeksi sal pencernaan/diare), Helicobacter pilori (sakit maag), Salmonella thypi (thypes) , Streptococcus pneumoniae (infeksi sal nafas), dll.

 

  1. Glycaemic control dan lipid (diabetes, cholesterol )

Pada penelitian cinnamon/kayu manis telah menunjukkan potensi :

  • Mengurangi penyerapan glukosa sesudah makan dengan menghambat aktivitas enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat (pankreas α-amilase dan α-glukosidase)
  • Merangsang pengambilan glukosa seluler dengan membran translokasi GLUT-4 metabolisme glukosa
  • Merangsang metabolisme glucosa.
  • Meghambat memecahan gula.
  • Merangsang pelepasan insulin dan potensiasi aktivitas reseptor insulin (Cinnatannin B1)

Pada penelitian cinnamon juga telah menunjukkan potensi :

  • Redaman penurunan berat badan yang berhubungan denngan diabetes
  • Pengurangan puasa glukosa darah
  • Mengurangi LDL dan meningkatkan HDL
  • Mengurangi HbA1c ( parameter gula pada darah selama 3 bulan)
  • Meningkatkan sirkulasi insulin

 

  1. Anti-oksidan

Pada pengujian , eugenol pada cinnamon menunjukkan aktivitas mengurangi pembentukan 3-nitrotyrosine dan menghambat peroxynitrite diinduksi peroksidasi lipid (efek. Eugenol menunjukkan aktivitas antioksidan sebesar 55.9% dan 66.9%) p. Antioksidan berfungsi untuk mengataasi radikal bebas (ec asap kendaraan bermotor)

Penggunaan kayu manis dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan :

  1. Penggunaan casia cinnamon dalam jumlah besar dapat menurunkan enzim pada liver dan menyebabkan hepatotoksik (gangguan hati) pada beberapa orang. Casia cinnamon mengandung coumarin dapat mengakibatkan hepatotoksik pada hewan. tcaps cloud Pada manusia sehat, dosis coumarin yang sangat tinggi dari 50 – 7000 mg per hari dapat menyebabkan hepatotoksik yang dapat memecahkan ketika coumarin dihentikan. Pada manusia dengan penyakit hati, dosis casia cinnamon yang lebih rendah dapat memperburuk fungsi hati.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.
  • Tanya Dokter Abri

  • Contact Me

    dr. Abrijanto SB, M.Si. - Konsultan, Dokter, Ahli Herbal

    Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi:

    +6285217918230
    PIN BB: 28c9545d

    Salam sehat, Salam Herbal!