Sep
10

Plus Minus Minum Kopi

Love Kopi

Air putih, kopi, dan teh merupakan minuman sehari-hari, kopi dan teh mempunyai kenikmatan tersendiri, namun apa sebenarnya yang terkandung dalam kopi dan efek sampingnya? Amankah kopi diminum dengan obat-obatan?

Kopi atau dalam bahasa latin disebut sebagai Coffea L. spesies. (Rubiaceae)

Sinonim(s) dan spesies Kopi Arabika adalah dari Coffea arabica. Kopi Robusta dari Coffea canephora (Pierre ex Froehner) juga dikenal sebagai Coffea robusta (Linden ex De Wild.) Spesies lain termasuk Coffeya Liberica.

Apa yang ada pada kopi?

Kernel dari biji kopi kering mengandung turunan xanthine, kafein yang utama (1 sampai 2%), dengan beberapa theobromine dan teofilin (digunakan untuk pengobatan asthma), dan juga mengandung polifenol asam seperti asam klorogenat dan berbagai diterpen (misalnya kahweol, cafestrol). Kopi yang telah digunakan sebagai stimulan (memberikan efek segar) dan diuretik (memperbanyak BAK/air seni) , biji kopi di olah dengan dipanggang dan sering digunakan sebagai minuman dalam bentuk bubuk atau masih dalam bentuk biji.

Penelitian menunjukkan bahwa asam klorogenat (dalam kopi) yang dihidrolisis (di pecah) dalam saluran pencernaan membentuk asam caffeic bebas yang kemudian untuk berikatan membentuk zat glucuronate atau sulphate. Caffeic bebas atau yang sering disebut caffeine mempunyai effect stimulant, atau menimbulkan rasa segar, tidak ngantuk. Beberapa hal yang sering di kuatirkan orang bahwa kopi mempunyain efek negatif bila dikonsumsi dengan obat atau nutrisi lain. Penelitian telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut. tcaps cloud Bagaimana interaksi / pengaruh bila dikonsumsi kopi dengan bahan lain? Kopi mengandung sejumlah besar kafein, sehingga dapat timbul interaksi kafein dengan bahan tertentu. Kafein dalam kopi dapat menyebabkan efek samping jika digunakan dengan obat lain seperti ephedrine (obat flu/pilek/decongestan), Psedoefedrin, karena dapat mempengaruhi heart rate dan tekanan darah.

Kopi juga dapat mengurangi penyerapan zat besi dan penyerapan nikotin , tapi tidak mempengaruhi penyerapan aspirin (obat sakit kepala) atau tetrasiklin (antibiotic).

Untuk kemungkinan peningkatan efek clozapine (obat gangguan mental) dengan kafein.

Bagaimana interaksi kopi dengan obat obatan?

Kopi + Antidiabetics

Secara umum penggunaan jangka panjang kopi tampaknya tidak mempengaruhi penggunaan obat diabetes. Penelitian jangka pendek menunjukan bahwa konsumsi kopi memiliki efek merugikan pada sensitivitas insulin (hormone) pada orang sehat dan kadar gula meningkat pada pasien dengan diabetes type 2 yang sudah mengonsumsi obat-obatan diabetic oral.

 

Kopi + Antihipertensi

Kopi mungkin memiliki efek samping kecil pada tekanan darah.

 

Kopi + Senyawa Besi

Kopi mungkin dapat mengakibatkan deficiency besi (anemia) pada ibu hamil, dan mengurangi kadar besi dalam ASI. Akibatnya bayi mereka mungkin juga kekurangan zat besi (anemia).

 

Kopi + Obat-obatan Herbal

Isi kafein kopi menunjukkan bahwa mungkin berinteraksi dengan obat herbal lainnya Ephedra herba + Kafein (Quarana).

Uji klinis.

Dalam serangkaian uji klinis pada orang sehat, minum kopi 200ml dengan makanan yang mengandung zat besi berbagai tes menyebabkan penurunan penyerapan besi sekitar 39% sampai 83% pengurangan penyerapan zat besi.

Penurunan diamati jika kopi diminum satu jam sebelum makan, tapi tidak mempengaruhi ketika kopi diberikan satu jam setelah makan.

Dalam penelitian lain, mengkonsumsi 275mL kopi instan mengurangi penyerapan

besi (Fe). Anggapan mengenai wanita yang sedang hamil dilarang minum kopi atau teh ada benarnya karena dapat mengurangi penyerapan zat besi sehingga menimbulkan anemia/kurang darah/hb rendah. Sebuah penelitian terkontrol pada wanita hamil di Kosta Rika ditemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan tingkat hemoglobin (anemia) dari ibu selama kehamilan, dan bayi mereka setelah lahir.

 

Herbal banyak memberikan manfaat bila di olah dengan benar. Salam sehat dengan khasiat herbal. – dr. Abrijanto SB, M.Si.

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.
  • Tanya Dokter Abri

  • Contact Me

    dr. Abrijanto SB, M.Si. - Konsultan, Dokter, Ahli Herbal

    Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi:

    +6285217918230
    PIN BB: 28c9545d

    Salam sehat, Salam Herbal!